Eksplorasi Gerak Tari: Konsep, Teknik, dan Prosedur Alur Pembelajaran
Eksplorasi Gerak Tari: Konsep, Teknik, dan Prosedur Alur Pembelajaran |
Pada Bab 4 ini, peserta didik diharapkan:
1. Mengamati konsep ragam gerak tari tradisional: Kepala, Badan, Tangan dan Kaki.
2. Mengidentifikasi teknik ragam gerak dasar tari tradisional: Kepala, Badan, Tangan dan Kaki.
3. Merangkai gerak dasar tari tradisional: Kepala, Badan, Tangan dan Kaki.
4. Melakukan asosiasi gerak dasar tari tradisional: Kepala, Badan. Tangan dan Kaki.
5. Mengomunikasikan gerak dasar tari tradisional secara lisan maupun tulisan.
Mengamati gambar-gambar/sumber belajar yang tersedia di lingkungan dengan seksama!
1. Apakah ada perbedaan gerak yang dilakukan?
2. Bagaimana konsep dan teknik gerak yang dilakukan?
3. Manfaat apa yang diperoleh dalam mengamati gerak/sumber belajar tersebut?
A. Konsep Gerak Dasar Tari Tradisional
Kamu telah mengamati gerak tari dari berbagai sumber belajar. Kamu juga telah mendiskusikan hasil pengamatan tersebut. Tentu diantara kalian memiliki pemahaman berbeda karena tarian yang diamati berbeda pula. Setiap tari memiliki gerak berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu memiliki tenaga, ruang dan waktu.B. Teknik & Proses Gerak Dasar Tari Tradisional
Teknik dan proses gerak dasar tari tradisional beragam. Indonesia memiliki keragaman tari yang berbeda-beda setiap daerahnya. Boleh jadi teknik gerak dan prosesnya sama tetapi memiliki istilah berbeda, tetapi mungkin juga ada yang sama dalam teknik dan prosesnya serta memiliki istilah yang sama. Pemahaman terhadap teknik gerak dasar tari tradisional adalah dasar untuk mengeksplorasi keanekaragaman gerak yang dapat dirangkai menjadi sebuah tarian. Teknik gerak dasar ini terdiri dari:
- Gerak kepala
- Gerak badan
- Gerak tangan
- Gerak kaki.